Pendekatan GRK – Governansi, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan dianggap menjadi salah satu solusi yang bisa diadopsi dalam rangka menjaga kesinambungan organisasi. Dengan menerapkan Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan, organisasi dianggap akan lebih tangguh dan siap untuk menghadapi dinamika yang terjadi. Untuk memastikan implementasi Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan di organisasi berjalan dengan efektif, aspek penting yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan kompetensi SDM pelaksananya.

Menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, LSP GRK sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang menjalankan pemastian kompetensi SDM bidang Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan telah berhasil memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk sertifikasi kompetensi bidang Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.

Adapun saat ini skema sertifikasi bidang Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan yang dimiliki LSP GRK adalah:

  1. Sertifikasi kompetensi bidang Governansi, Manajemen Risiko, Kepatuhan yang didukung oleh Asosiasi GRC (GRC – theigrca.org) yang terdiri dari skema:
  • Certified GRC Oversight Professional (CGRCOP).
  • Certified GRC Executive Officer (CGRCEO).
  • Certified GRC Professional (CGRCP).
  1. Sertifikasi kompetensi bidang Governansi bekerjasama dengan Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PAGI – governansi.org) untuk skema Certified Governance Oversight Professional (CGOP).
  2. Sertifikasi kompetensi bidang Manajemen Risiko bekerjasama dengan Indonesia Risk Management Profesional Association (IRMAPA – irmapa.org) untuk skema Qualified Risk Governance Professional (QRGP).
  3. Sertifikasi kompetensi bidang Kepatuhan bekerjasama dengan Institute of Compliance Professional Indonesia (ICOPI – icopi.or.id) untuk skema Certified Compliance Oversight Professional (CCOP).

Dengan adanya skema sertifikasi kompetensi bidang Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan yang telah memiliki lisensi dari BNSP serta didukung oleh asosiasi profesi untuk masing-masing bidang, dapat menjadi suatu ekosistem yang baik dalam rangka pemastian dan pengembangan kompetensi SDM.

Lebih lanjut, Kami berharap dengan inisiatif dan inovasi yang ditawarkan oleh LSP GRK dapat memberikan kontribusi positif dalam hal pengembangan kompetensi SDM bidang Governansi, Manajemen Risiko dan Kepatuhan khususnya di Indonesia.